MENINGKATKAN
MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA
DAN ALAT OPTIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS VIII B SMP N 2 TANTA TAHUN 2011/2012
Hairani, S.Pd
SMPN 2 Tanta
Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang belum
memuaskan pada mata pelajaran IPA dan kurangnya motivasi siswa dalam
pembelajaran. Refleksi kegiatan pembelajaran sehari-hari; cenderung berpusat
pada guru , monoton ,kaku , kurang interaktif. Siswa terkondisi menjadi
penerima pasif, dampaknya motivasi siswa rendah. Masalah tersebut di atasi
melalui Penelitian Tindakan Kelas menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD berbasis media audio visual. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Tujuan
penelitian adalah (1) meningkatkan motivasi dan hasil belajar
(2) mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran dan (3) mengetahui
kemampuan guru dalam penerapan model dan penggunaan media pembelajaran. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIB
SMPN 2 Tanta tahun pelajaran 2011/2012, berjumlah 19 0rang. Pengumpulan data
dilakukan melalui pengamatan, pemberian tes, penyebaran angket. Data yang
diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan
bahwa (1) Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 70,53 dengan ketuntasan klasikal
84,21% dan motivasi kategori baik, sedangkan
pada siklus II mengalami peningkatan
menjadi 74,74 dengan ketuntasan klasikal 89,47% dan motivasi kategori baik (2) Aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I kategori cukupbaik menjadi kategori baik pada siklus II (3) Kemampuan guru pada siklus I keterlaksanaan RPP
95,45% dengan kategori baik dan pada siklus II keterlaksanaan rpp 100% dengan
kategori sangat
baik.
Kata Kunci : Model STAD, media
audiovisual, hasil belajar, motivasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar